Proses Mendengar manusia

Bagaimana kita Mendengar ?


Telinga Bagian Luar Pertama-tama suara masuk ke telinga melalui daun telinga. Kemudian oleh daun telinga gelombang suara tersebut dikumpulkan dan diarahkan ke lubang telinga untuk selanjutnya menyentuh gendang telinga. Daun telinga dan lubang telinga merupakan telinga bagian luar.


Telinga Bagian Tengah
Telinga bagian tengah dimulai dari gendang telinga. Ketika gelombang suara dari telinga bagian luar bergerak menyentuh gendang telinga, maka gengdang telinga pun bergetar seperti gendang. Dibelakang gendang telinga ada ruang yg berisi udara dan terdapat 3 tulang pendengaran yaitu (maleus, incus, stapes). Getaran yang terjadi pada gendang telinga kemudian juga menyebabkan tulang-tulang tersebut  ikut bergetar.



Telinga Bagian Dalam Rumah siput / koklea (merupakan organ pendengaran dan keseimbangan) dan saraf pendengaran termasuk telinga bagian dalam.
Suara/bunyi dapat sampai ke telinga bagian dalam melalui getaran yang terjadi pada tulang-tulang telinga tengah yang terhubung dengan rumah siput .
Kemudian sel rambut (yang berfungsi sebagai sensor elektron mikroskopik) yang terdapat di dalam rumah siput merubah energi getar menjadi energi listrik-kimia (energi listrik yg terjadi karena adanya reaksi kimia) yang kemudian diteruskan oleh syaraf pendengaran ke otak, dimana akhirnya suara terseb didengar dan diterima.

Komentar